Jaringan Sosial Makanan Opepper: Hasil Karya Academia Smartpreneur

Posted by on May 22, 2015 in Event | 0 comments

1903183_611990118856613_887967953_nBelum lama ini Opepper hadir memperkenalkan layanan mobile social dining marketplace, atau sebuah aplikasi social media yang diperuntukkan bagi pecinta makanan. Tak berselang lama, Jumat (7/3) lalu, Opepper secara resmi telah meluncurkan aplikasi mobile yang kini dapat diunduh secara gratis lewat Google Play Store. Aplikasi ini diklaim membawa pengalaman baru dalam berjejaring sosial bagi para pencinta kuliner. Sekedar menginfokan kembali, Opepper yang memiliki konsep gabungan antara social media platform dan rekomendasi kuliner ini memiliki empat fitur utama dalam layanannya, yaitu fitur Check In, Review, Eatvitation, dan Loyalty Card.

Menurut rilis pers yang kami terima, keempat fitur tadi sengaja dikembangkan untuk menyempurnakan kekurangan yang terdapat pada aplikasi direktori restoran pada umumnya. Kembali pada aplikasi mobile yang baru diluncurkannya, aplikasi Opepper memiliki cukup banyak fitur atraktif di dalamnya, terlebih pada fungsi pencarian rekomendasi kuliner yang dihadirkan. Dengan pencarian berbasis lokasi, Opepper akan secara otomatis merekomendasikan spot kuliner yang terdekat dengan posisi pengguna, lengkap dengan informasi pendukung seperti menu sajian, deals, hingga ulasan pengguna. Walau tak ada fitur reservasi secara online, Opepper menyiasatinya dengan menyediakan shortcut untuk dapat langsung menghubungi restoran atau kafe yang ingin dipesannya via telepon. Pencarian lokasi kuliner juga dibuat mudah, dalam hal ini Opepper mengkategorikan pilihan pencarian dengan lengkap dan dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Kategori yang ada seperti Fine Dining, Patisserie, Candy Store, Coffee & Tea, Street Food, dan masih banyak kategori lainnya.
 Agar konsep media sosialnya tetap terasa, pencarian akun pengguna lain juga bisa dilakukan di dalam satu tempat. Sayangnya, dari sekian fitur atraktif tadi dan tentu masih banyak fitur lainnya yang tak dapat dijabarkan satu per satu, aplikasi Opepper saat ini masih dalam tahap beta yang berarti akan terdapat beberapa fitur dan fungsi yang belum dapat digunakan secara optimal. Seperti misalnya pada penyajian info yang belum tertampil seluruhnya, begitu pula dengan pencarian best deals yang juga belum dapat diakses. Walau begitu, fitur review, mendaftarkan venue, serta check in di lokasi kuliner telah dapat dilakukan oleh pengguna saat ini. Walau terkesan belum begitu siap, Irawan S. Kusuma, CEO Opepper, mengungkapkan kepada DailySocial perihal keputusannya untuk melepas aplikasinya ke publik walau dengan masih berstatus beta.
Ia mengatakan langkah tersebut sengaja dilakukannya agar Opepper dapat dikenal khalayak luas terlebih dahulu. “Kami benar-benar serius di Opepper dan ingin bergerak agresif. Kami ingin melihat respon masyarakat luas terhadap Opepper sambil perbaikan sana sini,” papar Irawan. Seperti yang mungkin sudah diketahui, Opepper hadir tidak hanya menyasar pada pengguna secara umum saja namun juga bagi kalangan pebisnis kuliner yang juga dapat memanfaatkan Opepper. Bagi mereka, Opepper menyediakan akun khusus bagi bisnis namun tidak melalui aplikasi mobile. Kembali disampaikan oleh Irawan aplikasi Opepper lebih ditujukan untuk pengguna umum ketimbang para pebisnis. “Kami membedakan antara akun pengguna dengan akun bisnis.
Untuk sementara fitur-fitur akun pengguna hanya bisa diakses melalui aplikasi Android dan pengelola restoran dapat membuat akun bisnis di biz.opepper.com,” ungkap Irawan. Tentunya jika telah dihadirkan secara lengkap, aplikasi Opepper akan dapat menjadi pilihan bagi para pecinta kuliner yang ingin mencoba atau berbagi informasi makanan dan restoran. Selain itu, Opepper juga hadir sebagai situs direktori restoran dan makanan dengan info rekomendasi dari para penggunanya. Dalam menghadapi persaingan, sepertinya saat ini Opepper masih perlu hadir di platform mobile lainnya, mengingat aplikasi-aplikasi serupa seperti Foodspotting, Qraved dan Burpple hadir setidaknya di iOS dan Android. Menurut Irawan, Opepper akan hadir di iOS di kuartal ketiga tahun ini. “Setelah iOS, rencananya kami juga akan menghadirkan Opepper ke dalam platform Windows Phone,” tandasnya.
Sumber (http://id.berita.yahoo.com/)
Translate »